Informasi didapatkan dari kelompok pengawas hak digital Citizen Lab memperingatkan para pejabat Inggris Senin kemarin, terkait adanya infeksi perangkat lunak mata-mata buatan Israel pada perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan pemerintah, juga termasuk beberapa di dalam kantor perdana menteri dan juga kementerian luar negeri.

Dengan adanya perangkat lunak mata-mata itu dikenal sebagai Pegasus, produk dari dealer senjata siber Israel NSO Group, yang menurut sebuah unggahan blog yang diterbitkan oleh Citizen Lab.

“Tentunya kami mengonfirmasi bahwa pada tahun 2020 dan 2021, kami mengamati dan akan memberi tahu Pemerintah Inggris tentang beberapa kasus dugaan infeksi spyware Pegasus pada jaringan resmi Inggris,” tulis unggahan blog tersebut, melansir¬†Reuters¬†19 April.

Luar dari itu, seorang juru bicara NSO juga ikut mengatakan tuduhan itu “salah dan tentunya tidak dapat dikaitkan dengan produk NSO, oleh karena alasan teknologi dan juga kontrak.”

Sementara, seorang juru bicara pemerintah Inggris mengatakan “saat ini kami tidak secara rutin mengomentari masalah keamanan.”

Pihak dari Citizen Lab juga mengatakan, pihaknya saat ini yakin penargetan yang terhubung ke kantor perdana menteri dilakukan oleh klien NSO di Uni Emirat Arab. Dan juga peretasan Kementerian Luar Negeri Inggris datang dari negara lain, termasuk Siprus, Yordania dan juga India.

Berhubungan dengan hal ini, juru bicara pemerintah untuk Uni Emirat Arab, Yordania, India dan Siprus juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Seperti diketahui, Pegasus tentunya dapat digunakan untuk membobol iPhone dari jarak jauh, dengan memberi klien akses mendalam ke memori ponsel yang ditargetkan atau untuk mengubahnya menjadi perangkat perekam.

Pihak Citizen Lab menemukan bukti perangkat Inggris yang telah disusupi, dengan memantau lalu lintas internet dan juga sinyal digital lainnya ke server mata-mata yang mengontrol Pegasus untuk berbagai klien NSO.

Segala aktivitas peretasan yang terhubung ke kantor perdana menteri Inggris sedang diselidiki oleh Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris, di mana nantinya teknisi menguji beberapa ponsel untuk dapat menemukan malware, menurut artikel New Yorker mengenai NSO Group yang juga diterbitkan pada Hari Senin, namun temuan itu tidak meyakinkan.

Mengikuti arus berita global terkini memanglah seru, namun ada juga cara lain yang tak kalah seru yaitu dengan bermain permainan slot. Permainan slot sendiri biasa dimainkan hanya untuk mencari kesenangan dan hiburan, apabila menang hanyalah bonus dari sebuah keberuntungan.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.