Jenis rudal hipersonik Kinzhal Rusia telah diluncurkan untuk pertama kalinya di Ukraina pada serangan di pangkalan militer di Ukraina baru-baru ini, data menurut media pemerintah Rusia RIA.

Senjata dengan jenis Aerobalistik hipersonik Kh-47M2 Kinzhal atau Belati dilaporkan telah digunakan untuk menyerang depot bahan bakar dan persenjataan militer di dekat kota Mykolaiv, Ukraina bagian selatan.

Dilaporkan dalam serangan terpisah, Kementerian Pertahanan Rusia juga telah mengklaim berhasil membunuh lebih dari 100 tentara Ukraina dan juga tentara bayaran asing dalam serangan di dekat Zhytomyr, yang berlokasi di sebelah barat Kyiv. RIA juga melaporkan bahwa itu merupakan basis pelatihan utama bagi sukarelawan asing.

Pemimpin Militer Ukraina pada hari Minggu, 20 Maret 2022, mencatat ancaman serangan rudal presisi tinggi jarak jauh yang saat ini sedang berlangsung diberikan oleh musuh, termasuk sistem jenis rudal hipersonik Kinzhal.

Kinzhal sendiri adalah rudal hipersonik yang diluncurkan dari pesawat tempur dan memiliki ekstensi jangkauan efektif 2.000 km atau 3.000 km tergantung pada jenis apa senjata tersebut dikerahkan dari jet tempur atau pembom, berdasarkan media pemerintah Rusia TASS. Rudal tersebut dapat menyerang targetnya dalam beberapa menit setelah diluncurkan.

“Pada kasus ini, Sistem Kinzhal secara substansial mampu meningkatkan kemampuan Angkatan Dirgantara Rusia guna menanggapi kemungkinan tindakan agresi terhadap negara lain dan bersama dengan sistem senjata strategis lainnya.

“Pada Carrier sayap tetap mampu berakselerasi berkecepatan tinggi sehingga memungkinkan pengiriman rudal dengan karakteristik kinerja unit propulsi utama yang dipasang pada rudal aerobalistik mampu mempercepat hulu ledak ke kecepatan hipersonik hanya dalam hitungan detik. Rudal itu juga mampu bermanuver di kecepatan melebihi kecepatan suara beberapa kali, memungkinkannya untuk dapat menembus semua sistem pertahanan udara dan juga sistem pertahanan rudal anti-balistik yang ada atau sedang dikembangkan.”

Rudal hipersonik merupakan proyektil yang bergerak lebih cepat dari Mach-5. Berdasarkan NPR, ada berbagai variasi senjata hipersonik, termasuk peluru kendali balistik, yang diluncurkan oleh kendaraan luncur hipersonik, atau juga rudal jelajah hipersonik.

Jenis senjata-senjata ini tentunya menantang sistem pertahanan rudal modern dengan kecepatan dan keunggulan manuvernya, bahkan di atmosfer atas sehingga pejabat Departemen Pertahanan AS telah memperingatkan.

Teknologi hipersonik merupakan sesuatu yang kami khawatirkan akan terjadinya potensi aplikasi militernya dan kami juga telah menahan diri guna mengejar atau mengembangkan aplikasi militer untuk teknologi yang satu ini,” ucap duta besar perlucutan senjata AS Robert Wood pada Oktober.

Departemen Pertahanan AS juga mengatakan pada tahun 2021 bahwa mereka masih mengembangkan senjata hipersonik. Sampai pada 12 Januari, Kantor Eksekutif Program Departemen Pertahanan AS telah mengumumkan generasi berikutnya dari kapal perusak berpeluru kendali, yang nantinya dirancang untuk mendukung pemasangan laser berdaya tinggi dan menghalang rudal hipersonik yang direncanakan.

Selain mengikuti perkembangan berita yang terkini, ada hal lain yang menyenangkan untuk dapat dilakukan yaitu dengan bermain permainan slot. Permainan game slot hanya biasa dimainkan untuk bersenang-senang, apabila menang hanyalah bonus dari sebuah keberuntungan.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.