Saat ini sejumlah kota di Ukraina berencana mengubah nama jalan dan alun-alun yang terkait dengan Rusia, dan tentunya di bawah proses ‘derisifikasi‘ setelah invasi 24 Februari lalu.

Sehingga pada sehari setelah pembongkaran monumen besar era Soviet di Kyiv yang dimaksudkan untuk melambangkan persahabatan antara Rusia dan Ukraina, dewan kota mengatakan telah menyusun daftar 467 lokasi yang dapat dipertimbangkan untuk nantinya diganti namanya.

Diantara mereka termasuk alun-alun pusat yang dinamai penulis abad ke-19 Leo Tolstoy dan jalan bernama Danau Baikal Rusia. Sebuah jalan yang dinamai Minsk, ibu kota sekutu dekat Rusia, Belarusia, juga ada dalam daftar.

Tentunya semenjak Ukraina mendeklarasikan kemerdekaan Uni Soviet pada tahun 1991, nama beberapa, kota telah diubah untuk menghapus warisan pejabat Soviet yang dibenci. Sehingga pada beberapa pejabat sekarang ingin menghapus nama penulis, penyair, dan pegunungan Rusia.

Sementara menurut Ihor Terekhov, wali kota Kharkiv di Ukraina timur, mengatakan pada Hari Rabu, segera setelah perang dengan Rusia berakhir, ia akan mengajukan rancangan undang-undang kepada dewan kotanya, untuk mengganti nama-nama tempat yang berafiliasi dengan nama Rusia.

“Dan juga bahkan tanpa nama-nama ini, pastinya akan ada terlalu banyak bekas luka yang akan mengingatkan kita untuk waktu yang lama, tentang tetangga seperti apa yang berada di luar perbatasan timur dan utara kita,” tulisnya di aplikasi perpesanan Telegram, melansir¬†Reuters¬†28 April.

Tak hanya itu, kota-kota di utara Ukraina telah memulai proses penggantian nama jalan dengan unit tentara yang membela mereka.

Saat seperti di bawah proposal gubernur wilayah Chernihiv, jalan-jalan atau alun-alun di ibu kota wilayah akan diganti namanya menjadi 1st Separate Tank Brigade.

Sehingga pada sebelumnya, Menteri Kebudayaan Oleksandr Tkachenko pekan lalu memperingatkan agar tidak menghapus apa pun yang berafiliasi dengan Rusia.

Saat diketahui, Moskow menyebut aksi militernya sebagai ‘operasi khusus‘ untuk melucuti senjata Ukraina dan mengalahkan kaum fasis. Namun, pihak dari Ukraina dan Barat mengatakan tuduhan fasis tidak berdasar, dengan perang merupakan tindakan agresi yang tidak beralasan.

Mengisi waktu kosong dengan membaca berita terupdate sangatlah asik, namun ada juga cara lain yang tak kalah mengasikkan yaitu dengan bermain permainan game slot. Bermain slot sendiri biasa dimainkan hanya untuk mencari hiburan dan apabila menang anggaplah bonus.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.