Menurut keterangan resmi dari Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg menyebut Finlandia dan Swedia tentu dapat bergabung dengan cepat, jika mereka segera memutuskan untuk meminta keanggotaan dalam aliansi.

“Dan memang benar jika nantinya mereka memutuskan untuk melamar, Finlandia dan Swedia akan tetap disambut dengan hangat dan saya berharap prosesnya berjalan cepat,” ucap Stoltenberg kepada wartawan di Brussels, Belgia seperti melansir¬†Reuters¬†28 April.

Melihat lebih jauh ia mengatakan, dirinya juga telah yakin pengaturan dapat ditemukan untuk periode sementara antara aplikasi oleh dua negara Skandinavia dan ratifikasi formal di parlemen dari semua 30 anggota NATO.

“Tentunya juga saya sangat yakin bahwa ada cara untuk menjembatani periode sementara itu dengan cara yang cukup baik, sehingga nanti berhasil untuk Finlandia dan Swedia,” terang Stoltenberg.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Rusia berpotensi meningkatkan pertahanannya, dan juga termasuk dengan mengerahkan senjata nuklir, jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO.

Menurut keterangan Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia mengatakan, jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, maka Rusia harus memperkuat angkatan darat, angkatan laut dan udaranya di Laut Baltik.

Dan juga Medvedev akan ikut serta secara eksplisit mengangkat ancaman nuklir dengan mengatakan, tidak akan ada lagi pembicaraan tentang Baltik yang ‘bebas nuklir‘, di mana Rusia memiliki eksklave Kaliningrad yang diapit di antara Polandia dan Lithuania.

“Tentunya jelas nanti diharapkan tidak ada lagi pembicaraan tentang status bebas nuklir untuk Baltik, keseimbangan harus tetap dipulihkan,” kata Medvedev, Presiden Rusia dari tahun 2008 hingga 2012.

“Hingga sampai hari ini, Rusia masih belum mengambil tindakan seperti itu dan tidak akan melakukannya. Memang jika tangan kita dipaksa dengan baik, perhatikan, bukan kita yang mengusulkan ini,” tandasnya.

Sementara posisi Kaliningrad sangat penting di teater Eropa utara. Yang mana dulunya pelabuhan Prusia Koenigsberg, ibu kota Prusia Timur, terletak kurang dari 1400 km dari London dan Paris dan 500 km dari Berlin.

Saat Rusia mengatakan pada 2018 telah ingin mengerahkan rudal Iskander ke Kaliningrad, yang diduduki oleh Tentara Merah pada April 1945, dan sekaligus diserahkan ke Uni Soviet pada konferensi Potsdam.

Sementara Iskander, yang dikenal sebagai SS-26 Stone oleh NATO, merupakan sistem rudal balistik taktis jarak pendek yang dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir.

Sementara untuk mengisi waktu luang saat ini dengan membaca berita memanglah hal yang menyenangkan, namun ada juga cara lain yang tak kalah seru yaitu dengan bermain permainan slot. Bermain game slot sendiri biasanya dimainkan hanya untuk mencari hiburan dan apabila menang hanyalah bonus dari permainan.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.