Saat ini Turki telah mengintegrasikan radar baru ke dalam kendaraan udara tak berawak (UCAV) Anka, guna untuk mendeteksi adanya ranjau laut terapung di Laut Hitam, imbas dari perang Rusia dengan Ukraina.

Menurut Kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB) Turki Ismail Demir pada pernyataannya di Twitter menuliskan, drone khusus ini tentunya akan digunakan sebagai pendeteksi ranjau, sehingga nanti dapat dijinakkan oleh tim elit Pertahanan Bawah Air (SAS) Turki.

“Saat ini kami mengintegrasikan radar aperture sintetis (SAR) ke dalam UCAV Anka buatan Turkish Aerospace Industries (TAI), yang saat ini telah ditambahkan ke inventaris Komando Angkatan Laut Turki (DzKK),” ujar Demir dikutip dari¬†Daily Sabah¬†14 April.

Setelah dikembangkan oleh raksasa pertahanan Turki Aselsan, SAR juga merupakan sistem radar udara yang biasa digunakan untuk pencitraan darat resolusi tinggi dan juga mendeteksi target bergerak di darat.

Dengan penggunaan sistem SAR tentunya sangat efektif dalam aplikasi pengawasan udara, dengan memungkinkan pencitraan 24/7 yang efektif dan tentunya dalam semua jenis kondisi cuaca buruk.

Sampai sejauh ini, Turki telah menemukan tiga ranjau laut ‘tersesat‘ di Laut Hitam yang kemudian dapat berhasil dijinakan oleh tim SAS.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Ukraina dan Rusia saat ini telah saling menuduh meletakkan ranjau di Laut Hitam. Dan pada akhir Maret lalu, tim penyelam militer Turki dan Rumania menjinakkan ranjau liar di sekitar wilayah perairan mereka.

Saat diketahui, Laut Hitam kini berbatasan dengan Bulgaria, Rumania, Georgia dan Turki, serta Ukraina dan Rusia, yang telah berperang sejak adanya pasukan Presiden Vladimir Putin dengan menyerbu tetangga selatan negara itu pada 24 Februari.

Tetapi, Laut Hitam merupakan akses utama jalur pengiriman untuk biji-bijian, minyak dan juga produk minyak. Tentunya laut ini terhubung ke Marmara dan kemudian Laut Mediterania melalui Bosporus, yang mengalir ke jantung Istanbul kota terbesar di Turki dengan 16 juta penduduk serta kemudian Dardanella lebih jauh ke barat daya.

Dengan mengisi waktu luang untuk membaca berita memanglah asik, namun ada juga cara lain yang tentunya tak kalah asik yaitu dengan bermain game slot. Permainan game slot sendiri biasa dimainkan hanya untuk mencari kesenangan, apabila menang hanyalah bonus dari sebuah keberuntungan.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.